Jumat, 17 Desember 2010

usaha Tanpa Modal


Usaha tanpa modal sering kali banyak dibahas di dalam berbagai forum dan literatur-literatur, atau buku-buku yang membahas tentang kiat-kiat berbisnis. Tidak dapat disangkal lagi, dalam era globalisasi dan krisis ekonomi dunia yang berkepanjangan ini, maka tantangan utama dalam memulai suatu usaha adalah modal.



Hampir semua pemula dalam berbisnis menyatakan kesulitan utama dalam memulai bisnis yang mereka impikan adalah masalah klasik, modal. Namun hal itu tidaklah sepenuhnya benar, karena bisnis yang dijalankan dengan modal yang mencukupi bila tidak dijalankan dengan hati-hati atau dengan cerdikpun akan dapat mengalami kegagalan dan menghabiskan modalpun.

Salah satu syarat untuk dapat menjalankan bisnis tanpa modal adalah kita setidak nya harus mempunyai suatu keahlian yang dapat dijual sebagai suatu jasa.

Ada banyak jenis usaha tanpa modal yang dapat ditekuni.

Dalam mencari inspirasi jenis usaha bisa saja anda memilah alternatif-alternatif yang ada, yaitu:

1. Menjual barang: jika anda menjual barang maka akan dibutuhkan modal, karena anda harus membeli barang yang akan anda jual kembali. Faktor yang menjadi perhitungan anda adalah jika seandainya barang tersebut kurang laku dijual, tentu anda akan merugi bukan?

2. Menjual jasa. Dalam menjual jasa maka anda akan menjual kemampuan atau keahlian yang anda miliki, misalnya anda memiliki keahlian dalam merawat tanaman, maka anda dapat menawarkan jasa perawatan tanaman di rumah-rumah, atau anda mungkin mempunyai keahlian dalam membuat design website, maka anda bisa menawarkan jasa tersebut dalam Usaha tanpa modal ini.

Yang seringkali terlupakan dalam mencari inspirasi usaha tanpa modal ini adalah bahwa ternyata usaha dapat dimulai dari hobi yang anda miliki.

Banyak orang-orang terkenal dan sukses ternyata memulai usahanya dari hobi yang mereka miliki, seorang pemilik toko kue yang sukses mengakui bahwa ia memulai usahanya dari hobinya memasak dan membuat kue.

Jadi apa hobi anda? Anda senang dengan alat musik seperti piano atau gitar misalnya?

Anda mungkin dapat menawarkan jasa menjadi guru musik atau melamar pada lembaga musik seperti Yamaha musik misalnya dan gaji yang didapat cukup lumayan besar bila anda telah ahli dalam memainkan alat musik tersebut.

Anda senang berbicara mungkin?

Anda dapat menawarkan jasa menjadi MC dalam acara-acara peresmian atau pesta. Atau anda mempunyai keahlian dalam bahasa asing dan senang menterjemahkan, maka anda dapat menawarkan jasa sebagai penerjemah bahasa atau penulis bahasa asing. Banyak potensi yang dapat digali dalam usaha tanpa modal.

Salah satu kiat penting lainnya adalah anda harus hemat biaya, karena anda baru memulai usaha anda tentunya anda tidak ingin menghabiskan banyak biaya.

Banyak orang sering salah kaprah bahwa memulai usaha harus memiliki tempat usaha seperti ruko, tempat usaha yang strategis di pinggir jalan, yang tentunya anda setidaknya harus mengeluarkan biaya untuk menyewa atau membeli tempat itu.

Usaha Tanpa Modal dapat dijalankan dari rumah anda. Tidak perlu harus menyewa atau membeli tempat lain. Apapun jenis usaha tanpa modal yang akan anda tekuni, semua dapat dimulai dan dijalankan dari rumah anda.

Jenis usaha tanpa modal seperti bisnis online atau forex online yang dijalankan dengan modal computer PC juga dijalankan dengan sambil duduk-duduk di rumah.

Jika anda mempunyai keahlian dalam merias wajah atau potong rambut, anda dapat membuka salon di rumah anda, atau jika anda mempunyai keahlian dibidang keuangan atau hukum, maka anda dapat membuka usaha konsultasi dari rumah anda.

Banyak keuntungan yang anda dapatkan jika anda menggunakan rumah anda sebagai tempat dalam menjalankan usaha tanpa modal , diantaranya anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa, membayar resepsionis, pajak, izin usaha , dan lain-lainnya. Jangan lupa bahwa banyak bisnis besar saat ini dimulai dari rumah, seperti Amazon.com, Microsoft, Xerox atau bahkan bimbingan belajar dan lembaga pendidikan seperti LP3I, BSI, Primagama, dll.

Last but not least, sebelum anda menjalankan usaha tanpa modal anda ini, anda setidaknya harus melakukan riset pasar atau penelitian terhadap pangsa pasar yang menjadi sasaran usaha tanpa modal anda.

Bila anda ingin menjalankan usaha kursus pendidikan terhadap anak sekolah, dan kemudian anda mendapati tempat yang menjadi sasaran pemasaran usaha tanpa modal anda adalah kompleks para pensiunan dan manula, tentunya menjadi sia-sia belaka dan tidak ada hasilnya. Itu sebabnya, anda harus mencari tahu siapa dan dimana pangsa pasar anda itu, maka lakukanlah riset pangsa pasar usaha tanpa modal anda.

Ada ungkapan yang mengatakan, don’t put all of your egg in the same basket, jangan taruh telur-telur anda di keranjang yang sama, jika saat ini anda masih mempunyai pekerjaan kantoran misalnya, anda jangan langsung berhenti dahulu, tetap pertahankan pekerjaan anda dan jadikan usaha tanpa modal menjadi pekerjaan paruh waktu anda.

Bila usaha anda berkembang pesat, maka berhenti dari pekerjaan anda mungkin baru dapat anda pertimbangkan. Akhir kata, apapun keahlian yang anda miliki , maka akan dapat anda jual sebagai jasa, pasti ada orang yang akan membutuhkan jasa anda. Sekarang Anda telah mengetahui rahasianya, tinggal menjalankannya.

Selamat mencoba memulai usaha tanpa modal 

Silahkan Share Artikel Ini ke Teman FACEBOOK Anda

Related Topic :
ad-u.com salah satu solusi sukses tanpa modal uang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar